Home > Rolling News Report
Pengumuman Darurat: Persyaratan Terbaru mengenai Tes Asam Nukleat sebelum Boarding bagi Penumpang Penerbangan Komersial dari Indonesia menuju Tiongkok
2020/09/30

1. Berdasarkan peraturan terbaru Tiongkok, Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia sekali lagi mengingatkan penumpang Warga Negara Tiongkok dan Warga Negara Asing yang menaiki penerbangan komersial dari Indonesia agar melakukan tes asam nukleat Covid-19 di lembaga yang diakui Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Tiongkok untuk Indonesia. Seluruh penumpang harus menyelesaikan prosedur tes tersebut dalam kurun waktu 72 jam sebelum boarding.

Demi memastikan Anda mendapat Kode Asam Nukleat atau Formulir Deklarasi Kesehatan tepat waktu, menghindari waktu pengajuan yang terlalu padat, diharapkan Anda dapat mengunggah hasil keterangan negatif tes asam nukleat sesegera mungkin, selambat-lambatnya yaitu 12 jam sebelum boarding. Keterangan hasil tes asam nukleat adalah dokumen penting dalam perjalanan lintas perbatasan, siapa pun tidak boleh melakukan pemalsuan, atau akan menanggung segala konsukuensi hukum.

2. Mulai 1 Oktober 2020, Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Tiongkok untuk Indonesia mengubah titik awal penghitungan waktu pemeriksaan keterangan hasil negatif tes asam nukleat lembaga terkait dari yang sebelumnya adalah waktu dikeluarkannya keterangan hasil tersebut menjadi waktu pengambilan sampel. Semua keterangan hasil negatif tes asam nukleat yang digunakan untuk pengajuan Kode Asam Nukleat atau Formulir Deklarasi Kesehatan harus tertera waktu pengambilan sampel oleh lembaga pemeriksa, jika tidak, akan dianggap tidak berlaku.

3. Demi tetap menjalankan dengan baik tugas pencegahan penyebaran COVID-19, saat ini daftar lembaga tes asam nukleat yang diakui Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Tiongkok untuk Indonesia disesuaikan sebagai berikut:

4. Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia mengingatkan penumpang penerbangan ke Tiongkok untuk terus memerhatikan situasi COVID-19 di Indonesia, mempertahankan prinsip "tidak melakukan perjalanan yang tidak perlu", sebisa mungkin menghindari perjalanan antar perbatasan. Bagi orang-orang yang memang perlu kembali pulang (atau menuju) Tiongkok, harus mematuhi secara ketat berbagai hal dalam peraturan pencegahan COVID-19, dan memperkuat perlindungan diri. Setelah menyelesaikan tes asam nukleat, lakukan isolasi diri dengan baik, jangan berkumpul, jangan berkunjung, jangan keluar, menghindari terinfeksi yang tidak disengaja. Apabila sebelum perjalanan Anda mengalami demam, batuk dan gejala mencurigakan lainnya, harap segera berobat di daerah setempat, jangan bepergian dengan membawa penyakit yang dapat membahayakan kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Suggest to a friend:   
Print